Asus Garmin A10, Ponsel GPS Superlengkap




Asus Garmin A10 merupakan ponsel terakhir besutan produsen notebook Asus dan penyedia layanan GPS (Global Positioning Sytem) Garmin. Smartphone ini dibandrol sekitar Rp3,5 juta. 

Dari bentuknya, anda mungkin tidak akan terlalu tertarik karena bodinya lebih besar dibanding smartphone yang lain. Meski ukurannya kecil namun ketebalannya cukup luar biasa. Namun kesan lengkungan yang mengelilingi sisinya membuat ponsel ini masih cukup enak untuk digenggam. Tombol volume diletakkan berseberangan dengan port charger. Dibagian belakang bodi terdapat kamera dengan keterangan resolusi 5 megapiksel. Di samping kamera, Asus Garmin meletakkan speaker tempar keluarnya suara. Meski casing belakang hanya ditutup materi plastik namun bingkai ponsel menggunakan materi besi glossy. Layar berukuran 3,2 inci ini juga dijamin antigores berkat teknologi Gorilla Glass yang digunakan. Resolusi layar TFT sekira 320x480 piksel dengan 256 ribu warna

Asus Garmin A10 memiliki mengusung teknologi layar sentuh yang cukup sensitif. Tidak heran jika ponsel tersebut tidak menyematkan banyak tombol. Hanya ada tiga tombol di bagian bawah layar, yaitu tombol Back, Home dan Option Menu. Namun untuk personalisasi, layar ini cukup terbilang dinamis. Pasalnya homescreen yang diusungnya bisa dipersonalisasi mencapai 8 hingga 9 layar yang dapat diisi wallpaper, shortcut, folder bahkan widget yang berbeda-beda.

Sistem Operasi yang diusung Asus Garmin A10 adalah Android 2.1. Tidak heran jika kemudian banyak layanan Google yang ditawarkan di sini. Mulai dari aplikasi mesin pencarian (Google Search), Google Mail (Gmail), Google Talk, hingga situs berbagi video yang telah diakuisisi Google, YouTube.

Satu hal yang cukup menarik adalah smartphone ini memang tidak terlalu mengandalkan sisi multimedia yang lain. Selain bisa digunakan untuk menelepon dan berinteraksi di dunia maya, layanan pencari arah (GPS) merupakan fitur utama di ponsel ini. Tidak heran jika teknologi Garmin pun bersanding dengan layanan GPS milik Google, baik Google Latitude, Google Places, maupun Google Maps. 

Garmin merupakan jaminan mutu untuk layanan pencari arah dengan bantuan satelit. Layanan GPS Garmin telah disesuaikan dengan wilayah lokal pengguna, termasuk Indonesia. Salah satu fitur bawaan Garmin adalah fitur ‘Where To’ yang memungkinkan pengguna langsung mendapatkan arah tujuan, melihat arah, mencari tempat/ fasilitas yang dituju, serta berhubungan dengan kontak di ponsel anda. Konten arahnya pun cukup lengkap dan update, mulai dari lokasi fasilitas public sampai wilayah jalan. Infonya pun cukup detil mulai dari alamat, layanan darurat, jalan-jalan, hingga koordinat tentunya.

Tampilan GPS Garmin pun cukup menyenangkan dan bisa dikostumisasi, baik dengan me-rotate secara otomatis, gambar yang bisa di zoom-in maupun out hanya dengan mencubit layar layaknya mengoperasikan iPhone, atau dengan tombol yang tersedia. Selain itu tampilannya pun bisa menyesuaikan diri dengan waktu yang berlaku. Ketika malam tampilan peta akan berlatar belakang gelap, dan begitu sebaliknya jika siang. Untuk mempersonalisasi suara perintah GPS, Garmin memberikan aplikasi Garmin Studio yang memungkinkan anda diperintah oleh suara anda sendiri setelah melalui proses perekaman suara sebelumnya. Lalu Garmin pun berbaik hati memberikan aplikasi ‘Weather’ untuk mengetahui cuaca yang terjadi hari ini di tempat anda berdiri. Untuk menambah dan memilih aplikasi, Garmin juga menyediakan Super User yang berfungsi sebagai tempat aplikasi lainnya yang siap diunduh oleh pengguna. Semua data lokasi disediakan langsung oleh Navteq, nama besar untuk layanan GPS.

Fitur Where Am I dalam Asus Garmin A10 ini juga memungkinkan anda mendapatkan informasi lokasi yang sedang anda pijak lalu men-share nya melalui jaringan social yang tersedia. Di sini pengguna dimanjakan dengan akses jejaring social satu kali sign-in. Untuk masuk ke Facebook, MySpace, maupun Twitter, anda tinggal membuka akun untuk pertama kalinya. Dengan begitu maka semua informasi lokasi yang ingin dibagi akan langsung di-share ke jejaring social tersebut. Semua akses ini bisa dilakukan melalui platform Garmin yang terkenal, Ciao! Platform tersebut disematkan untuk berbagi infornasi lokasi ke aplikasi jejaring social. 

Karena smarpthone ini berbasis Android, maka seluruh aplikasi jejaring social yang ada akan dikenali sebagai aplikasi Android. Facebook for Android, Twitter for Android, dan tentunya MySpace for Android. Untuk mendapatkan aplikasi tambahan, Garmin Asus A10 juga dilengkapi dengan Android MarketPlace, termasuk jika anda ingin mendapatkan aplikasi messenger macam Yahoo for Android, atau lainnya. Namun jika anda sudah memiliki akun Google, seharusnya cukup menggunakan Gtalk.

Selain itu fitur yang melengkapi Asus Garmin A10 adalah kamera 5 megapiksel yang dapat merekam gambar maupun video dengan resolusi masing-masing 2560x1920 untuk gambar dan 320x240 untuk video. Durasi video dan kapasitas pengambilan gambar akan sangat bergantung pada sisa kapasitas storage di smartphone tersebut.

Lalu masih ada fitur pemutar musik, converter atau pengubah ukuran, browser, flight status untuk mendapatkan informasi penerbangan, dan juga koneksi wifi.

0 komentar:

Posting Komentar