GPS Pantau Anak Bolos

Ilustrasi

NEW YORK - Alat Global Postioning System (GPS) ternyata tidak hanya bermanfaat menjadi petunjuk jalan saja. Buktinya di Amerika Serikat (AS), pemerinta memanfaatkan GPS untuk memantau para siswa yang kedapatan keluar di jam sekolah atau bolos.

Anaheim Union High School menjadi salah satu sekolah yang mencoba teknik tersebut. Sekolah tersebut melibatkan penggunaan kombinasi teknologi GPS dan pengingat telepon otomatis. 

Cara kerjanya, Setiap siswa kelas tujuh dan delapan yang memiliki daftar absen empat kali atau lebih selama setahun, akan dimasukkan ke dalam daftar program Anaheim. Lalu kelompok siswa itu akan diberi perangkat pelacakan GPS seukuran ponsel. 

Dilansir melalui MSNBC, Selasa (22/2/2011) Setiap pagi siswa akan mendapatkan panggilan telepon otomatis, untuk mengingatkan mereka agar pergi ke sekolah tepat waktu. 

Kemudian, lima kali sehari, mereka diwajibkan memasukkan kode untuk melacak lokasi mereka saat berangkat sekolah, ketika tiba di sekolah, saat makan siang, dan waktu meninggalkan sekolah pada jam 8 malam. 

Para pihak sekolah sengaja melakukan ini agar para siswa bisa ke sekolah tepat waktu. Program antibolos ini memang rumit. Oleh sebab itu para siswa dan orang tua ditawari kesempatan secara sukarela, untuk berpartisipi dalam pemantauan. Tujuannya agar mengurangi potensi siswa menjadi anak nakal.

0 komentar:

Posting Komentar